Day 3 : What are your top three pet peeves ?

Baru kali ini saya nemu istilah “pet peeves”. Awalnya saya kira ini berhubungan sama binatang piaraan karena ada kata “pet” nya. Ternyata bukan, jauuuh dari itu. Hahaha..
Setelah saya coba browsing di gugel, istilah “pet peeves” itu maksudnya adalah hal-hal yang menyebalkan. Hal menyebalkan itu biasanya datang dari lingkungan, dari temen atau dari orang-orang sekitar. Jarang lah ada hal menyebalkan yang datangnya dari diri sendiri (bahkan mungkin gak ada).

Nah, kalo buat saya sendiri sebenernya gak sering sebel sama apapun. Ya mungkin karena saya terlalu gak peka itu kali ya. Haha.. jadi agak bingung juga kalo diminta sebutin hal yang menyebalkan. Tapi untungnya di sini cuma disuruh nyebutin tiga aja. Okelah, akan coba saya sebutkan tiga hal menyebalkan menurut versi saya. Tapi semoga ini nggak nyinggung pihak manapun nggih :

  1. Orang yang sok tau trus suka menggurui orang lain. Nah, ini nih yang sekarang sering saya temui (heran). Kalo apa yang disampaikan itu bener, sesuai fakta dan membawa kebaikan sih gak masalah, malah saya seneng. Tapi kalo enggak kan jadinya cuma wasting my time aja buat dengerin. Heeehh… (sudah sudah ntar malah jadinya ngomongin orang. Hehehe.. :D)
  2. Ketika saya sedang asik ngobrol sama seorang trus ada yang menyela tanpa permisi. Ngeselin banget ini menurut saya, nggak ngehargain orang lain. Mirisnya yang sering ngelakuin begini malah banyakan anak muda. Kalo yang sudah sepuh malah jauh lebih sopan kalo mau nyela, biasanya dengan bilang “punten”, “maaf”, “nyuwun sewu”, lebih dulu. Nah ini semoga nantinya yang muda bisa berubah di urusan tata krama, belajar sama orang sepuh.
  3. Ketiga, kali ini masih soal sifat manusia, yaitu orang yang sedang naik mobil trus suka ngelempar sampahnya ke jalanan. Duuh… ini miris juga. Menurut saya orang yang naik mobil itu orang yang berada dan kemungkinan besar berpendidikan tinggi, soalnya sudah mampu beli mobil sendiri. Nah, kok bisa lho dengan ringannya lempar sampah *wingg* gitu keluar jendela mobilnya. Gimana kalo kena orang lain di sekitarnya, trus siapa yang bersihin sampah itu nanti. Harusnya kan pendidikan yang tinggi itu bukan cuma intelektualnya saja, tapi nalurinya juga harus tinggi kan.

Nah, sudah tiga itu menurut saya hal menjengkelkannya.
Ohiya, sebenernya hal menyebalkan gitu tergantung kita gimana kita menyikapi. Semakin pandai kita menyikapi, maka semakin sedikit hal menyebalkan dalam hidup. Kalo kita cuma punya dikit atau bahkan gak ada hal yang disebali, hidup akan terasa lebih nyaman. Contoh, hal yang nomor 3 di atas kan menyebalkan, tapi coba kalo disikapi dengan kita pungut sampahnya trus dibuang ke tempat seharusnya lalu didoakan si pembuang itu supaya nalurinya terbuka, diniati dari diri kita berbuat baik dengan ikhlas. Nah, saya rasa bakal jadi lebih adem buat diri sendiri juga daripada cuma menggerutu tapi tanpa action.

Karena sebel itu sebenernya deket banget sama menggerutu dan marah kalo kita gak bener menyikapinya. Intinya mah menurut saya kesebelan (suka sebel) yang berlebih dan tidak disikapi itu malah pengaruhnya negatif buat hati dan pikiran kita sendiri.
Maka itu, yuk kita belajar me-manage kesebalan (pet peeves) dengan baik trus sikapi kesebalan itu dengan suatu hal positif dengan niat berbuat baik. Insya Alloh, manfaatnya akan kembali ke diri kita lagi.

Semoga ini bermanfaat ya.

About didik

Sedang menikmati dunia dari hanggar, apron dan runway. Berusaha menuliskan catatan tentang apa saja yang didapatkan dari sana bersama angin kencang, desingan propeller dan alunan rivet
This entry was posted in Challenge and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

