Day 24 : Write about a lesson you’ve learned the hard way

Tema hari ini tentang sebuah pelajaran yang telah saya coba pelajari / praktekkan dengan susah.

Ya, saya kepikir satu pelajaran sangat berharga yang diberikan Pak Joko Marsudi (Specialist Engineer of Avionics) pas ngerjain pesawat Filipina sekitar setahun yang lalu. Pelajarannya bukan soal avionics atau seputar pesawat yang lainnya, tapi tentang bersyukur. Entah saya lupa saat itu sedang bahas apa, intinya Pak Joko ini berpesan ke saya kurang lebih begini :

“belajar syukur bisa caranya gini Dik, misal kamu berangkat ke kantor dari kos, sampai di gerbang KJP kamu bilang “Alhamdulillah udah sampai KJP”. Lalu kamu jalan lagi sampai hanggar lalu bilang lagi “Alhamdulillah udah sampai hanggar”, lalu lanjutin lagi pas udah istirahat kamu bersyukur lagi “Alhamdulillah udah bisa sampai istirahat”, udah lanjutin terus setiap apa yang kita lakukan, syukuri setiap detik dari hidup kita, insya Alloh hidup akan terasa adem dan tenteram.”

Itulah pelajarannya, tentang bersyukur. Saya masih sering lalai untuk bersyukur akan banyaknya nikmat yang saya dapatkan. Padahal begitu banyak nikmat yang Alloh berikan untuk saya sejauh ini, mulai dari fisik, kesehatan, finansial, teman, dan banyak lagi. Saya sering jadi merasa sedih kalo sedang keinget misal suatu waktu saya pernah mengeluhkan soal satu hal, seperti seolah tidak mensyukuri atas apa yang sudah diberikan oleh Alloh untuk saya. Astaghfirulloh…

Satu hal yang seringkali bikin saya masih seolah susaaah sekali untuk bersyukur adalah tentang kerjaan. Padahal kalo saya mau berpikir jernih, pekerjaan yang saya tangani sekarang ini bukan pekerjaan yang asal atau sembarangan. Coba kalo mau dibandingkan dengan beberapa teman yang masih dalam masa berjuang di sana sini, saya termasuk orang yang paling beruntung bisa di sini. Kalo mereka pernah bilang pun juga ingin dalam posisi seperti saya ini. Ya, kalo soal ini saya nggak mau menyalahkan lingkungan atau pergaulan saya juga, tapi lebih saya mau tekankan ke diri saya sendiri sih untuk mensyukuri posisi saya saat ini. Saya masih berusaha untuk terus berpositif thinking dengan segala hal untuk meminimalisir atau menghilangkan rasa tidak bersyukurnya saya ini.

Kalo mau coba mikir lebih dalam lagi, hidup dalam ketidaksyukuran itu nggak enaaak banget kok. Gak ada hari yang bener-bener kita nikmati dalam posisi kayak gitu. Akhirnya ya usia kita kemakan waktu secara gak kerasa dan sia-sia, eh tiba-tiba tua gitu aja. Lha gimana gak sia-sia kalo tiap waktu hanya keluhan saja yang ada. Lebih bahaya kalo ini udah jadi habit sih, misal suatu saat diberikan nikmat yang lebih sama Alloh, tetap aja munculnya ungkapan gak bersyukur, selalu kurang.

Coba nih, buat penutup saya kasih ayat Quran tentang bersyukur. Ini saya khususkan untuk diri saya sendiri, dan siapapun yang baca nggih :

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (QS. Luqman ayat 12)

Trus tambah ini lagi dari Surat Ibrahim :

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim ayat 7)

Oke, itulah pelajaran tentang bersyukur. Semoga kita semua senantiasa mampu untuk mensyukuri segala kondisi apapun kita saat ini, atas segala nikmat yang diberikan Alloh kepada kita semua. Aamiin. :))

Advertisements

About didik

Sedang menikmati dunia dari hanggar, apron dan runway. Berusaha menuliskan catatan tentang apa saja yang didapatkan dari sana bersama angin kencang, desingan propeller dan alunan rivet
This entry was posted in Challenge and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s