Day 27 : Conversely, write about something that’s kicking ass right now

Oke, tema hari ini tentang something yang bikin saya kerasa “tertendang”.

Ada banyak sih, tapi cuma beberapa yang saya ingat, lainnya biarkan berlalu seperti angin. Hehe. Satu hal yang bakal saya ceritain ini saya alami ketika saya sedang mencari-cari pekerjaan beberapa tahun yang lalu. Dari kejadian itu saya belajar banyak hal terutama tentang upgrade kapasitas diri. Pertama saya dapet itu dulu langsung down, mungkin karena selama itu saya terlalu tinggi menilai diri saya sendiri. Yah, akhirnya kebanting kan, sakit kan. Hehehe.

Jadi ceritanya, ini saya sedang ikut seleksi di salah satu BUMN di Jawa Timur. Saya berharap banget bisa diterima di situ biar bisa deket sama orang tua yang di Jawa Timur juga. Tahapan tes pertama, lalu kedua saya lewati dengan sukses. Nah, tiba waktunya tahapan tes ketiga, yaitu interview sama user.

Tahap interview user ini sebenarnya saya awalnya pede ngadepinnya, paling cuma ditanya seputar perusahaan, jaman kuliah, dan lain-lain. Yah, itu cuma anggepan dari anak yang baru kemarin sore lulus kuliah sih, jadi ngasal banget. Hehe. Apa yang terjadi ? pas wawancara pertanyaannya soal materi kuliah yang notabene saya sendiri gak tertarik apalagi menguasai mata kuliah itu banget. Duh, jawaban saya ngalor ngidul sana sini cuma ngeles. Wakaka.. Singkat cerita ancur banget lah performa interview saya saat itu. Di akhir interview si user bilang :

“… kalo gitu aja gak tau, gimana mau jadi Engineer Design mas..”

Deg, hancur rasanya semua ekspektasi saya akan diri saya sendiri. Ternyata selama ini saya belajar sana sini juga belum maksimal. Yang bikin saya sangat menyesal adalah saya tidak memanfaatkan waktu saya secara maksimal buat nambah ilmu pengetahuan dan praktek demi pengalaman sebagai anak teknik yang perfect. Berasa bodooh banget pas abis interview waktu itu. Serasa nothing lah pokoknya.

Pernyataan si bapak user itu masih saja terngiang di telinga saya sampai sekarang. Yah, meskipun saya pikir itu pertanyaan beliau ngawur juga sih karena nanya soal standar ini itu yang seharusnya tidak perlu dihafal karena sangat banyak angka-angka apalagi oleh orang yang tidak berkecimpung di bidang itu. Tapi, saya rasa pernyataan itulah yang akan saya jadikan trigger untuk jadi lebih baik di masa depan kelak. Kalo dulu saya dikatain gitu, saya bakal buktikan kalo saya bisa lebih hebat dari seorang engineer design.

Ok Sir. Challenge accepted !

About didik

Sedang menikmati dunia dari hanggar, apron dan runway. Berusaha menuliskan catatan tentang apa saja yang didapatkan dari sana bersama angin kencang, desingan propeller dan alunan rivet
This entry was posted in Challenge and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Day 27 : Conversely, write about something that’s kicking ass right now

  1. wardah says:

    Semangat Mas!

    Eh tapi sebenarnya tema hari ini tuh maknanya “hal di hidup kita yang kere “. Jadi harusnya semacam hal yang kamu banggain belakangan. Sebab di temanya ada kata “conversly” dan tema sebelumnya tentang hal yang mau diperbaiki.

    Like

Leave a Reply

