Teknik Fisika dan Pesawat #1 : Overview

Sebelum saya gabung kerja di sini, pengetahuan saya soal pesawat awam banget. Maklum, belum pernah naik pesawat (sampai sekarang pun juga belum pernah. Wkwkwk). Jaman kuliah, saya kepikirnya setelah lulus kerjaannya paling di seputar dunia oil and gas, automation, energy, listrik, manufaktur, atau bidang penelitian. Ini nggak lepas dari para senior saya yang udah lulus memang kebanyakan kerjanya di sana. Tapi, takdir ternyata berkata lain. Alloh memberikan saya rizki dan kesempatan berharga untuk berkarir di dunia penerbangan di sini.

Awal masuk kerja di sini, saya mengira kalo saya bakal ditempatkan di bagian fabrikasi, di tempat pembuatan detail part dari aluminium, urusin perawatan mesin dkk. Tapi ternyata, saya ditempatkan di bagian Flight Line yang pekerjaannya langsung di pesawat. Alhamdulillaah… akhirnya ngerasain naik pesawat juga walaupun di darat aja. Wkwkwk. Dulu saya pikir dunia pesawat itu hanya milik anak Teknik Penerbangan saja, tapi ternyata dunia pesawat itu multidisiplin ilmu banget.

Nah, di tulisan ini saya mau cerita bahwa anak Teknik Fisika (Tekfis) itu bisa banget kalo mau berkarir di dunia penerbangan. Banyak keilmuan Tekfis yang kepakai di sini. Saya akan coba mulai breakdown per bagian keilmuan secara umum di Flight Line ya. Oke, kita mulai :

  1. Propulsi

Propulsi ini berhubungan sama permesinan (engine) dan semua sistem pendukungnya seperti sistem bahan bakar. Jelas, mata kuliah Tekfis yang kepakai termodinamika, mekanika fluida, perpindahan panas dan massa, dll. (matkul paling nyeremin selama kuliah. Banyak korban nilai E nya. Wkwkwkk). Masih inget siklus Brayton kan ? Nah, itulah basic dari engine pesawat (yang udah pakai turbine engine macem pesawat CN235 dan NC212). Kalo tentang sistem bahan bakar, jelas lah, mekanika fluida akan bermain, dan juga beberapa transduser sensor yang ikut di dalamnya. Ini contoh foto engine CN235 yang di dalemnya pake free turbine dengan sistem kerja siklus Brayton.

04f3286e753bcada2c75d2a7bc311c00

GE CT7-9C (Engine CN235) Cutaway. Gambar dari https://id.pinterest.com/pin/387802217889058690/?lp=true

  1. Mekanikal / Hidrolik / Pneumatik

Bagian ini sebenernya anak Mesin banget. Tapi inget kan kalo kita di Tekfis jaman kuliah juga belajar dinamika sistem, soal sistem mekanik, lalu hidrolik dan juga pneumatik. Kalo saya sih bener-bener gak paham waktu kuliah dulu. Matkulnya aja dapet C. Wkwkwk. Tapi, secara basic anak Tekfis menguasai juga kok di bagian ini. Mungkin perlu usaha lebih agar bisa lebih advance. Ada temen saya anak Tekfis yang dapet kerja bagian ini, di system analysis lagi. Ini contoh sistem gabungan antara mekanik dan hidrolik, yaitu landing gear pesawat CN235.

landing gear

Gambar Landing Gear CN235 dari sini : https://www.hlgaviation.com/cn-235

Kalo pengen tau gimana kerja landing gear (retractable) ini, bisa nonton di video dari Pak Noviarli ini :

Kalo sistem pneumatik, ini saya banyak belum pahamnya. Beberapa yang saya tau, pneumatik ini ada di sistem cabin pressurize dan di sistem de-icing wing and tail yang ada di leading edge. Udara untuk sistem pneumatik ini biasanya diambilkan dari engine bleed air. Begini nih contoh gambarannya untuk sistem de-icing di wing. Sistem ini bekerja untuk memecah es yang ada di sekitaran leading edge wing. Biar lebih jelas, silahkan klik dan baca itu link-nya. xD

  1. Struktur

Wah, kalo soal struktur ini ampun deh. Kayaknya susah kalo anak Tekfis masuk sini. Eh, tapi ada juga temen saya anak Tekfis yang masuk bagian struktur ini sebagai spesialis lagi di program development. Tapi memang kata dia butuh effort yang sangat sangaaat besar buat belajar soal struktur. Soalnya memulai dari NOL. Hehe.. Biasanya struktur ini pembahasannya soal crack, stress analysis, dkk. Mesin banget pokoknya. Kalo dulu pas kuliah matkul apa ya yang bahas soal ini ? Fisika dasar mungkin. Hehehe.. Ini salah satu kerjaan orang struktur, structure repair.

52c7314b26bc633fa9ddf77e58aeefe8

Gambar Doubler yang dipakai untuk structure repair. Gambar dari sini : https://www.sealaviation.com/structural-repairs.html

  1. Avionik / Elektrik / Instrumen

Naah, ini nih yang anak Tekfis banget menurut saya. Berhubungan sama sensor, kontrol, aktuator, pokoknya dunia instrumentasi. Tekfis banget kan ? Kebetulan saya ditempatkan di bagian ini, jadi insya Alloh nanti banyak cerita.

Oke, avionik (eng: avionics) adalah singkatan dari aviation electronics. Yaa soal elektronik lah, sensor, lalu komputer kontroller, display, dll. Tentu saja matkul yang dipakai di sini adalah teknologi sensor, kontrol otomatis, kontrol modern, elektromagnetika, komunikasi data dan matkul lainnya seputar instrumentasi. Ini nih kalo gambaran soal avionik.

Kalo elektrik, ini lebih ke anak elektro arus kuat sebenernya. Isinya soal power generation, distribution, warning, lighting, dan yang seputar kelistrikan lainnya. Tapi jangan salah, anak Tekfis juga bisa kalo mau menekuni belajar banyak. Jaman kuliah dulu udah dikasih basic-nya dari matkul teknik tenaga listrik dan rangkaian listrik. Contoh di bagian elektrik ini adalah soal relay, kontaktor, fuse, circuit breaker dan teman-temannya. Ini contohnya sistem elektrikal di helikopter (di pesawat fixed wing juga mirip mirip lah seperti ini)

4-22

Contoh blok diagram sistem elektrik dari : http://www.danubewings.com/helicopter-electrical-systems/

Kalo instrumen maksudnya ya peralatan pendukungnya. Maksudnya yaa alat alat di bagian avionik dan elektrik tadi itu tuh.

  1. Environment

Bagian ini kebanyakan dikuasai sama anak Mesin. Environment ini mengurusi soal cooling system untuk kabin ataupun untuk peralatan apapun yang ada di pesawat agar awet dan tidak rusak karena panas. Selain itu, kalo untuk pesawat CN235 bagian environment ini juga mengurusi soal pressurize system di kabin pesawat. Kalo soal matkul Tekfis pendukung untuk bagian ini ya perpindahan panas dan massa, trus teknik refrigerasi. Contoh sistem environment di pesawat adalah air conditioning, begini skematik siklus kerjanya :

schem_acon_300

Air Conditioning di B737. Dokumen training dari : http://buckeyebride.com/air-conditioning-system/

Rumit yak ? Hehehe

  1. Aerodinamik

Bidang ini gak banyak dikerjakan sih di Flight Line karena biasanya sudah disimulasikan sebelum freeze jadi desain turun ke produksi. Kebanyakan juga anak Mesin yang main di sini. Tapi anak Tekfis juga dapet tuh kuliah computation fluid dynamics yang pake fluent dkk. Bisa lah kalo mau ambil soal bagian ini. Nah, ini contoh kerjaan orang aerodinamik di pesawat series. Misalnya ada tambahan external shape macem belly radome begini (lihat gambar), maka orang aerodinamik harus memperhitungkan apakah mengganggu performa terbang pesawat apa enggak sebelum bener-bener dipasang.

Jpeg

Belly Radome di Pesawat CN235 Special Mission

  1. Akustik

Sebenernya masih ada banyak, tapi ini saya bikin terakhir deh biar ga panjang-panjang. Akustik, ini kepake untuk kenyamanan para penumpang dan kru di kabin maupun kokpit biar gak bising karena suara engine di luar yang memang keras sekali suaranya. Matkul Tekfis yang kepake jelas adalah akustika, fisika bangunan, fenomena gelombang, dan apalagi ya, saya gak inget juga. Nah, kalo di pesawat untuk kenyamanan biasanya dinding dilapisi sound proofing tuh. Mungkin dulu pas pesawat pertama (prototype) ada pengukuran frekuensi dan parameter akustik lainnya gitu. Tapi selama ini saya belum pernah tau sih, soalnya saya mainnya di pesawat series. Nah, ini contoh sound proofing yang dipakai di pesawat CN235.

Jpeg

Itulah sekilas tentang keilmuan Tekfis yang dipakai di pesawat menurut versi saya. Mungkin masih banyak lagi keilmuan Tekfis yang dipakai di pesawat, tapi mohon maaf nggih karena keterbatasan pengetahuan saya, ingetnya cuma segitu. Intinya, Tekfis itu general engineering. Maksudnya keilmuannya itu luas banget mencakup hampir semua keilmuan engineering tapi kebanyakan hanya sebagai basic saja. Jadi, mau ditempatin dimana aja pasti ada basic kecocokannya, tinggal bagian mana yang mau diperdalam untuk spesialisasi.

Insya Alloh nanti lain waktu dilanjut lagi, kalo ada yang kurang akan saya tambahkan.

Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

About didik

Sedang menikmati dunia dari hanggar, apron dan runway. Berusaha menuliskan catatan tentang apa saja yang didapatkan dari sana bersama angin kencang, desingan propeller dan alunan rivet
This entry was posted in Pesawat and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s