Author Archives: didik

About didik

Hanggar, apron dan runway adalah tempat yang paling menyenangkan. Angin bertiup kencang dengan iringan desing putaran propeller adalah pelengkap sempurna untuk menikmati duduk sejenak di tepi hanggar ini sambil mengisi lembaran catatan harian.

Curiosity

Saya masih ingat banget dengan seorang Bapak Dosen saya dulu yang pernah posting gambar George (si curious monkey) di facebook dan diberi caption kurang lebih begini :

“George is more curious than most of my student”

Awal baca, pikiran saya campur aduk antara mau ketawa atau mau sedih. Mau ketawa kenapa ? Karena menurut saya statement itu ada sisi humorisnya. Tapi di sisi lain saya sedih karena saya juga adalah mahasiswa beliau. Artinya saya pun masih kalah curious daripada si monyet itu. 😦 Continue reading

Posted in Hanggar, Perspektif | Tagged , , , , | Leave a comment

Trip to Surabaya

Yak, obrolan pagi dengan atasan saya di Hanggar DC awal Januari lalu itu awalnya bikin saya bingung. Gak ada hujan gak ada angin tetiba tanya tentang Surabaya. Emang ada apa di Surabaya ? Awalnya saya mikir apa maksudnya itu ada panggilan tes kerja di Surabaya. Wkwkwkwk… Gak mungkin lah, mana ada. :v

Ternyata, di belakang para senior saya sudah bahas tentang tim yang bakal dikirim untuk rektifikasi pesawat yang sedang trouble di Surabaya. Nah, nama saya dimasukkan dalam tim tersebut. Tim yang bakal berangkat ke Surabaya ini adalah tim yang ketiga. Tim pertama untuk pesawat satu, tim kedua untuk pesawat dua, dan tim ketiga tentunya untuk pesawat ketiga. Alhamdulillah, akhirnya saya dipercaya untuk masuk tim. Horee.. 😀 Continue reading

Posted in Trip | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Teknik Fisika dan Pesawat #5 : AEI Engineering (4)

2. Sistem Lighting
Sistem pencahayaan atau bahasa inggrisnya lighting masuk juga dalam kerjaan orang elektrik (AEI). Di pesawat sistem ini dibagi menjadi dua :
a. Internal Lighting
Internal lighting adalah sistem pencahayaan di dalam cockpit maupun cabin. Kalo bahas lighting yang ini sebenernya mengingatkan saya pada matkul Fisika Bangunan, karena pernah dulu ada tugas akuisisi data pencahayaan di Masjid Kampus. Hehe. Kalo di pesawat sekarang gak ada akuisisi data macam begitu, langsung pasang aja. Mungkin kalo di pesawat prototype macam N219 bakalan ada akuisisi data seperti itu. Continue reading

Posted in Pesawat | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Teknik Fisika dan Pesawat #4 : AEI Engineering (3)

Sistem Elektrik

Sistem elektrik yang ada di pesawat didesain sangat spesifik tergantung jenis dan kebutuhan listrik di dalam pesawat. Misalnya, untuk CN235 memiliki kelistrikan yang lebih kompleks dibanding NC212 karena dan kebutuhannya listrik untuk perangkat di dalam pesawat lebih banyak. Continue reading

Posted in Pesawat | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Teknik Fisika dan Pesawat #3 : AEI Engineering (2)

Oke, topik lanjutan AEI Engineering (2) seputar avionik kali ini saya akan bahas soal teknologi sensor dan kendali di pesawat. Jadi, tolong disiapkan refresh matkul teknologi sensor dan kontrol otomatis yak. Silahkan menikmati : Continue reading

Posted in Pesawat | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Teknik Fisika dan Pesawat #2 : AEI Engineering (1)

Salah satu bidang engineering di flight line adalah AEI (Avionics and Electrical Instrument) system. Pekerjaan AEI yang dilakukan di flight line adalah functional test with engine on (ground run) dan juga flight test oleh personil air crew. Sebelum kedua tes tersebut tentunya sudah ada pekerjaan pendahulu yaitu instalasi dan functional test AEI system with engine off yang dilakukan oleh personil AEI Test Final Assembly Line (FAL). Continue reading

Posted in Pesawat | Tagged , , , , , | Leave a comment

Teknik Fisika dan Pesawat #1 : Overview

Sebelum saya gabung kerja di sini, pengetahuan saya soal pesawat awam banget. Maklum, belum pernah naik pesawat (sampai sekarang pun juga belum pernah. Wkwkwk). Jaman kuliah, saya kepikirnya setelah lulus kerjaannya paling di seputar dunia oil and gas, automation, energy, listrik, manufaktur, atau bidang penelitian. Ini nggak lepas dari para senior saya yang udah lulus memang kebanyakan kerjanya di sana. Tapi, takdir ternyata berkata lain. Alloh memberikan saya rizki dan kesempatan berharga untuk berkarir di dunia penerbangan di sini. Continue reading

Posted in Pesawat | Tagged , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Ruang LSR Pagi Itu

Pagi itu saya dan senior saya mendiskusikan sesuatu untuk adjustment software parameter IESI (Integrated Electronic Standby System) di pesawat CN235. Parameter yang harus diisi di antaranya adalah airspeed (Vfe, Vne, Vmo, dll), attitude (pitch, roll angle) yang ini spesifik sesuai karakter CN235. Senior saya lalu mengajak saya menemui mbahnya CN235, yaitu Pak Jatmiko di ruang LSR, ruangan beliau. Continue reading

Posted in Hanggar | Tagged , , , | Leave a comment

Helikopter

Pagi itu saya ditugaskan buat “jemput bola”ke hanggar painting karena memang pesawat saya sedang dicat di sana. Perjalanan dari hanggar saya ke painting itu lewat Hanggar Rotary Wing atau helikopter dan apron untuk helikopter yang akan terbang. Kebetulan pas lewat apron, ada sebuah helikopter yang akan terbang, jadinya saya ditahan dulu gak boleh lewat. Akhirnya nonton dulu deh itu helikopter mau terbang. Continue reading

Posted in Hanggar | Tagged , , , , | Leave a comment

Nimbang Pesawat

Aaaaakkkk….. di hari ke-30 (terakhir) malah gak bisa nulis… maaf yaaa 😦

Jadi ceritanya semalem itu saya kena overtime yang terlalu over. Hahaha. Awalnya sih rencananya cuma normal saja, tapi malah kebablasan. Pas saya turun di hanggar, rencana saya ke pesawat N110, katanya lagi mau benerin lighted panel di kokpit yang kemarin mati, tapi malah ketemu bapak-bapak hanggar. Beliau minta dibantu buat nimbang pesawat N65 untuk keperluan first flight. Sebenernya ini bukan bagian saya sih, tapi yaudah lah gak ada salahnya juga kalo saya belajar gimana sih nimbang pesawat (bahasa kerennya nimbang = weighing). Continue reading

Posted in Challenge | Tagged , , , , | 2 Comments